Welcome


Tuesday 26 February 2013

OS Android, dari Lahir Hingga Saat Ini

Android, sebuah sistem operasi telepon seluler dan komputer tablet layar sentuh (touchscreen) yang berbasis Linux. Namun, seiring waktu OS ini berkembang menjadi platform yang sangat cepat dalam hal inovasi. Hal itu tidak dapat dilepaskan dari pengembang utama dibelakangnya, yaitu Google.

Jenis dan versi nya selalu berinovasi dan beragam, ini adalah berbagai macam perkembangan OS Android dari lahir sampai saat ini :
1. Android ver 1.1
Diluncurkan pertama kali tahun 2007. Namun mulai diterapkan ke berbagai gadget pada tanggal 9 Maret 2009 silam. Android ini memberikan beberapa fitur, yaitu sistem antar muka bagi pengguna (user interface)
yang lebih baik , jam dan beberapa aplikasi standar lainnya.

2. Android ver 1.5 (Cupcake)
dua bulan setelah versi sebelumnya, Android mengalami perubahan versi. Perubahan yang dilakukan pada versi 1.5 ini atau dikenal Android Cupcake yaitu sistem fasilitas mengunggah video ke YouTube, aplikasi headset nirkabel Bluetooth, tampilan keyboard dilayar, serta animasi tampilan gambar yang lebih atraktif.

3. Android ver 1.6 (Donut)
Diluncurkan dalam waktu kurang dari 4 bulan semenjak peluncuran Android Cupcake. Fitur yang lebih baik pun dipersenjatai di versi ini, diantaranya mampu menayangkan indikator baterai, pada ponsel, dapat menentukan file-file yang akan dihapus, zoom in zoom out dengan membaca gerakan tangan dan arah gerakan tangan (gesture), penggunaan koneksi CDMA/EVDO.

4. Android ver 2.0/2.1 (Eclair)
Ditahun yang sama, kembali dirilis versi terbaru. yaitu Android Eclair. Ini adalah puncak bagi Android karena dengan perkembangannya yang pesat, banyak perusahaan pengembang gadget atau headset yang tertarik untuk menggunakan Android. Fitur- fitur juga semakin canggih dan tajam sehingga semakin memikat pengembang gadget.

5. Android ver 2.2 (Froyo = Frozen Yoghurt)
5 bulan setelah Eclair dirilis, Google melakukan regenerasi Eclair, dan lahirlah Froyo atau Frozen Yoghurt. Disini, Froyo makin menajamkan senjata dengan fitur-fiturnya yang lebih menarik, yaitu ingin menempatkan kartu ekspansi berbentuk slot Micro SD berkapasitas besar. Aplikasi lainnya juga diperbaharui, dengan dukungan Adobe 10.1 serta work speed nya hingga 5x more faster daripada versi sebelumnya.

6. Android ver 2.3 (Gingerbread)
7 bulan setelah Froyo lahir, dirilis lagi versi terbaru dan lahirlah Gingerbread. Disini, tampilan Gingerbread beda dibanding "kakak-kakanya". Tampilannya lebih atraktif dan mendukung dual kamera untuk video call. Bukan cuma itu, konsentrasi OS ini juga meningkatkan kecepatannya agar meningkatkan mutu aplikasi-aplikasi (games) yang dijalankan di OS ini.

7. Android ver 3.0/3.1 (Honeycomb)
Disini, Honeycomb ditujukan untuk pengguna yang memang ingin menggunakan platform Android. User interface nya saja berbeda dengan Android sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh tampilan layar yang besar pada tablet dan juga untuk mendukung penggunaan hardware dengan spesifikasi yang tinggi pada perangkattersebut.

8. Android ver 4.0 (ICS = Ice Cream Sandwich)
Dirilis Oktober 2011, merupakan salah satu OS yang paling banyak digunakan oleh gadget-gadget terkemukan saat ini. Karena senjatanya yang terus diasah dengan memberikan fitur-fitur yang lebih mantap, yaitu memaksimalkan fotografi, grafis dan resolusi gambar, kualitas video, sistem pengenal wajah, dan masih banyak lagi.

9. Android ver 4.1 (Jelly Bean)
Versi terbaru saat ini, dengan fitur yang lebih sempurna dari "kakak-kakanya". Hadir dengan fitur tambahan yaitu peningkatan kemampuan on-screen keyboard yang lebih cepat dan responsif, pencarian data kontak dengan sistem Voice Search, dan fitur tambahan lainnya.

10. Next, Android K (Key Lime Pie) bagaimana fiturnya? Kita lihat saat perilisannya nanti.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat artikel yang saya berikan ini.
terima kasih.

Salam Admin

No comments:

Post a Comment